Tuesday 29 October 2013

Visa Korea

Ngajuin visa ke Korea gampang-gampang susah. Kalo di Jakarta sih bisa dateng ke kedubesnya langsung, ada seorang temen di fd yang malah cuman 15 menit jadi visanya. Kalo aq di Semarang ga mungkin dong yah harus terbang dulu, ga efisien banget, musti pake biro perjalanan dan ditolak oleh 2 biro perjalanan karena mereka takut aq bakal kerja disana, jaelahhhhh hahahhaaaaa... ada2 aja. Akhirnya ada yg mau, lewat Nusantara, dan dokumen yang harus disiapin:



-Formulir aplikasi yang sudah diisi(dari agen tour ato dari kantor dubesnya)
-Pasport asli 
-Foto 4x6 background putih terbaru
-FC KTP 
-FC KK
-FC Ijazah terakhir
-FC Akta Nikah (kalo udah nikah)
-Surat Ijin dari perusahaan pake meterai, menerangkan perusahaan memberikan ijin cuti pada saya
-Surat Referensi Bank (minta dari bank, bayar 50ribu rupiah)
-FC tagihan kartu kredit 3bln terakhir 
-FC buku bank 3 bulan terakhir, ato deposito juga boleh
-FC SIUP perusahaan

-FC Print out tiket yang sudah konfirmasi
-Biaya pengajuan visa 300ribu per orang, berhubung gw luar kota jadi 500ribu
-Itinerary mau kemana aja (aku buat tabel, lengkap dengan biaya yang akan dikeluarkan)




Untuk saldo bank, nah ini aq dag-dig dug derrr bangett, saldonya 300ribu doang T.T trus di minggu2 terakhir tiba2 jadi 14juta. Ada yang bilang sih penambahannya jangan sekaligus, jadi bertahap gitu. (terlanjur tapi....hiks) deposito juga ada yang bilang ga boleh, tapi berhubung saldo gw kurang, jadi terpaksa disertain. Juga FC SPT PPH tahunan gw. 

Tahapan nunggunya itu yang sambil doa, berharap moga2 lolos......
2 minggu kemudian gw ditelpon, udah jadi visanya, YEAYYYYYY!!!!  Thanks God ^^



No comments:

Post a Comment