Friday 25 October 2013

Bedanya KORAIL, AREX, dan METRO

Ada seorang temen yang bertanya, apa sih bedanya KORAIL, AREX, dan METRO?
Jadi inget gw dulu juga puyeng nyari perbedaannya ampe bongkar2 google :p
Nah ini gw rangkumin sekarang biar ga lupa :p :

1. KORAIL
web:http://info.korail.com/2007/eng/est/est01000/w_est01100.jsp
Korail dibagi 2: Korea Airport Railroad atau Korail biasa
a. Korail Airport Railroad:  Ini adalah kereta yang gw pakai dari Airport ke Hongik University Station.
Kereta ini berhenti di 8 stasiun yaitu: Incheon Airport, Unseo, Geomam, Gyeyang, Gimpo International Airport, Digital Media City, Hongik University, Gongdeok, dan Seoul Station.
Alasan inilah yang membuat gw mencari guesthouse di daerah Hongik University Station (Hongdae). Jadi dari airport langsung aja naik Korail Airport Railroad, sekitar 5000won dari Incheon Airport ke Hongdae dan memakan waktu sekitar 1,5 jam.
b. Korail biasa melayani rute luar kota mulai dari Seoul ke Suwon, Daejeon, Ulsan, Gupo sampai ke Busan

2.AREX
web: https://www.arex.or.kr/jsp/eng/index.jsp 

AREX ini sebenernya sama aja beli tiketnya di Airport juga. Mesin beli tiketnya juga jadi satu dengan Korail. NGGA jadi satu, di seberangnya, jadi ceritanya waktu itu gw mau beli tiket ke Hongdae, kok pilihannya cuman Seoul Station doang?????? gimana iniiiiii???? ternyata di seberangnya,  buakakakkakaakkk  Kepanjangan dari Airport Express. Jadi kalo di Korail kita bisa bebas milih mau berenti di station mana, kalo AREX  ini langsung cuman 1 aja ke Seoul Station. Harga tiketnya 8000won, namanya juga express, jadi cuman 45 menit dari Incheon Airport ke Seoul Station, dan berlaku juga sebaliknya.

3. METRO

Metro ini perusahaan yang mengoperasikan subway di Seoul. Rutenya ajegileeeee..... buat yang merasa MRT di Singapore petanya ruwet, ini lebih ruwet lagi -___- Bukan ruwet sih lebih tepatnya lebih banyak station, wkakakkaaaa bayangin kalo lagi ga ada kerjaan berhenti di setiap station gitu berapa minggu yang dihabisin yak? :p Tapi subwaynya nyaman bangett kok tempat duduknya, meskipun tetep aja di beberapa subway ga stroller friendly, susah bawa kereta bayi, juga susah bawa koper (seperti sayahh *_* )
Satu hal lagi tentang Seoul subway: misal kita di Seoul station, jadi arah ke kiri dan ke kanannya itu station sesudahnya(NEXT station), bukan LAST station seperti di Singapore. Lebih enak sih, menurut guee :)

Trus bayarnya pake apa?
1. Cash: beli di tiap station ada mesin yang jual tiket ^^
2. T-money:
T-money ini seperti Octopus card di Hongkong, atau EZ card di Singapore. Bisa buat naik subway, arex, ama korail, bahkan bisa buat belanja di seven-eleven (7-11)
3. Korea Pass:
Korea Pass ini dibedakan untuk Seoul dan Busan, untuk Seoul hanya bisa dipakai di Seoul, untuk Busan juga hanya bisa dipakai di Busan. Ini kartu khusus untuk foreigner dalam rangka program Visit Korea 2012. Tapi kartu ini ga bisa buat beli tiket AREX atopun KORAIL, jadi cuman subway, ama belanja2 aja di toko-toko kayak Lotte DS, Lottemart, Hello apm dan Doota juga banyak yg bisa. :)

Sekian sekilas infoh, semoga berguna

4 comments: