Tuesday 22 October 2013

Resep Kimchi


Pertama kali nyobain kimchi di resto Korea di Semarang, hmmmmm.....sebenernya ga pesen kimchi, tapi emang semua pengunjung disana pesen apa aja dikasih kimchi gratis, dan wow, cocok banget di lidahku. YUMMY!!

Selain enak, kimchi juga sehat lo, studi menunjukkan bahwa kimchi dapat menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan kanker, dan baik untuk kekebalan tubuh karena mengandung bakteri Lactobacillus.
Sooo mari kita membuat kimchi sendiri ^_^ Ini resep kimchi yang paling mudah :

Kimchi made by me :D
Bahan-Bahan:

- 1 buah sawi putih ukuran besar.
- 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang.
- 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang. 
- 4 siung bawang putih, parut.
- 1 ruas jahe, parut
- 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
- 2 sdt garam dapur(butiran halus)
- 1 sdm gula
- 1/2 gelas garam kasar
- air secukupnya
- 2 sdm kecap ikan 

Cara Mengolah:

1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir . Pastikan sawi benar-benar bersih.

2. Campur garam kasar dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.

3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.

4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabe, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, kecap ikan, dan garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi. Baluri bumbu, sambil diremas-remas.

5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

6. Kimchi siap disantap sebagai makanan pembuka, ato dibuat masakan lainnya


# CATATAN #

- Menurut teman Korea saya, pembuatan kimchi memang diaduk-aduk dengan tangan kosong, tanpa sarung tangan, konon katanya, dengan sentuhan tangan kita, membuat rasanya jadi lebih enak.
- Resep kimchi itu berbeda-beda sesuai selera masing-masing, tetapi menganut cara pembuatan yang relatif sama (difermentasikan). Anda bisa menambah atau mengganti bahan sayur yang lainnya seperti wortel, kol, timun dan masih banyak yang lainnya sesuai selera anda.
- Bila anda menyukai rasa pedas, bisa ditambah bubuk cabe lebih banyak. Bila tidak suka pedas, bisa dikurangi pemakaian bubuk cabenya.
- Jangan menyimpan kimchi yang akan difermentasikan ke dalam lemari es. Simpan toples berisi kimchi pada suhu ruangan dan proses penyimpan yang lebih lama akan lebih baik, karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. 
- Saya suka membuat kimchi dalam jumlah banyak, karena kimchi bisa diolah menjadi masakan lainnya, seperti kimchi jjigae, kimchijeon, dll selain itu kimchi juga tahan disimpan lama.




No comments:

Post a Comment