Thursday 19 December 2019

TOPIK Test 1, kemudian Test TB di Jogjakarta

Udah setahun kira2 Test TOPIK ku tahun 2018 lalu dengan nilai 98% lulus level 2, YEAYY!!

I can say I'm proud of myself, juga terima kasih atas bantuan teman2ku Beb Angela dan mba Ndah yang ikut nemenin di Jogja, hahahaa...
Yang ikut test Topik kebanyakan cewe, yang cowo cuman 1 orang kemaren, dan gue nomer2 tertua dari mereka semua. Yang tertua grogi bolak balik ke WC sebelum test karena waktu test tidak boleh ke WC sama sekali kecuali ujiannya diserahkan kepada pengawas, artinya udah selesai. Sebelum test juga semua HP dikasih nama dan dikumpulkan di keranjang.

Eke sih udah ke WC 5 menit sebelum test, jadi tinggal nenangin diri, untungnya boleh bawa air minum bening, karena gw kalo kebanyakan mikir suka haus, wkwkkwk. Ujian listening suara pake semacam radio, tapi jelas kedengeran kok, dan salah 1 soal gw karena emang ada vocab yg kurang dimengerti.

Disamping boleh pake tip-ex model pita macem pentel yang mahal itu, eke ga bawa jadi minjem pengawas juga boleh. Mungkin keliatan gw santai jawabnya jadi pengawasnya sampe nanya ke gw, ikut TOPIK 2 juga? Enggaa..bu.. ga bisa gw kalo nulis masih kurang vocabnya.

Pengawasnya 2 orang, yg satu dari Korea, yg 1 orang Indonesia. Hasil Test keluar 1 bulan kemudian. Eke hasilnya di-print in sama bojo karena ikutin blog cara ngeprint sendiri hasil test entah kurang aplikasi mulu padahal uda aku instal, uda pake internet explorer juga kudu tipe tertentu IE-nya.

Dan akhirnya gw ga jadi ngurus visa F6 karena bojo dapet kerja di Indo, wkwkkw, benernya bisa tetep ngurus, tapi denger2 jadinya 2 bulanan dan ga tentu, jiahhh paspor gw ditahan dan pas jadi gw ambilnya harus naik pesawat dengan biaya PP 7 juta, OMG, jadinya gw bikin multiple visa doang,

Tau gitu ga usah test TB gw, mana test TB di Sarjito menurutku not recommended selain biaya 2x test di Surabaya, proses juga buanyak trs tempatnya luas banget eke sampe bolak-balik 2x, harusnya malah 3x tapi eke sedikit curang test dahaknya langsung saat itu juga aku kumpulin, harusnya besok paginya, tapi gw ga bawa baju lama2 di jogja, juga sungkan sama beb Angela yang saat itu sakit juga nganter2in gw T_T

Lagian emang ga ada TBC kok, malah disuntik virus segala gw -___- errrrr, test X-ray juga kan keliatan bersih gue.

Sekian celotehan di Desember 2019 ini, mana cerita lama pula, wkwkkw..


No comments:

Post a Comment